Minggu, 31 Oktober 2010

SN (Suster Ngeeeeeeeeseliiiiiiiin)

Tgl 20 10 2010 gw dapet ponakan baru ni ceritanya cantiiiik banget namanya naya.. *sesuaikan sama namanya*. Lagi seneng2nya punya ponakan dan berburu hadiah.. (Duuuh.. Tante gimana si udah hampir 1 minggu belom ngado.. :()
Eh.. Dapet kabar kalo naya si cantik katanya dirawat gara2 bilirubin mencapai angka 16.. *lanjut dah nengokin si neng cantik.. Ke rumkit..
Sempet di sms ama adek iparku nanya2 sufor.. Halah.. Nanya sufor ama gw.. Kagak tau.. Buat apaan sufor? *itu pikiran gw..* Pikiran dah mulai jelek ni.. Jgn2 tu si cantik mau dikasih sufor.. Hmmm.. Kok gitu.. Secara gw ama adek gw masih nyusuin semua.. Bisa lah stok asip yg emang pas2an dikasih buat si cantik.. Mau protes tapi nyari ilmu dulu telpon emaknya ojan gak diangkat, emaknya aya gak diangkat, dyah mailbox, semua org gw telponin lg pada sibuk.. Pas jam makan malem soalnya hehehe.. Yo wes tulis status di fb ya.. Alhamdulillah di bales sama temen2 yg cantik2 hehehe.. Tengyu pren.. Jadi pede untuk ngomong ke kakak ipar kyu.. Dan ngasih tau ngapain ngasih sufor.. Itu pilihan terburuk kalo ampe asip abis ajah.. Kalo bisa mah susuin lgs aja..
Sampe di rumkit agak kaget karena si bayi di nicu walah kok syerem amat ye.. Terus si ibu bayi yang mane kaka ipar gw entu.. Matanya bengkak boooo.. Lah.. Eyke bingung.. Mau sok2an gaya ngasih tau segala macem ciut juga.. Lah die kok ampe down bgt gitu.. Tapi tetep gw ama ade ipar pompa lgs di rumkit buat persediaan.. Setelah eyke korek2 terus.. si ibu cerita kalo kenapa die ampe down banget.. Pas dia bilang ama susternya kalo mau asi.. Si suster bilang dengan arogan dan sok pinternya.. Emang ada gitu isinya.. (Terus pegang2.. Ieh suster pegang2) ini si kosong bu.. Lah si ibu shock banget kaleeeee dibilang pdnya kosong.. Gak ada isinya.. *Eh suster ngomong jgn asal nyablak yeeee.. Tampol ni ama preman condet..* abis itu si suster cek di pencet keluar kok.. Ah dasar suster aja sok teuuuuu.. Makanya jangan liat dari luarnya aja dong.. Kesel gw.. Lah pegimana kalo gw jadi emaknya bayi ya.. Laaaah.. Kurus kering gini.. Tapi ampe die bilang asi gw gak ada hmmm.. Teruuuusss tu iz selama 1 taun minum apaan dong kalo bukan asi huuuuuuuh... Beteeeee :( Sampe sebelum pulang tu suster ditegor ama adek ipar kalo gw gak bisa negor sibuk ama tu bocah the gunduls.. *rempong deh si az pecicilan disuruh diem 5 detik aja gak bisa.. Iz gendong mulu kalo di taro sama aja kayak mamaznya halah..*
Cuma pertanyaan gw.. Emang kalo disinar terus gitu gak boleh disusuin langsung ya.. Harus pake botol gitu? Secara ibu baru lahiran mungkin yg dipompa keluar dikit tapi.. Kalo disedot mungkin keluar lebih banyak.. Yah ini die belom dapet ilmu takut salah kalo komentar eyke..

29 komentar:

  1. ​:s hik$..:( ~hiks:'( .... Jd teringat jaman habis melahirkan. Mentalku jatuh duluan krn susternya meremehkan isi PDku. Rasanya mau maraaaaaah banget! Mau IMD jg gak di support sm dokternya. Kuesel!

    BalasHapus
  2. Eh bisa kok... temen gw dulu anaknya kuning juga sampe hampir sebulan, nongkrong aja tu ibu disitu, tiap waktunya nyusu si anak dikluarin bentar... nyusuin langsung, justru kudu banyak2 bukan asi nya? udah disusupi sponsor kali tu RS... terlalu...

    BalasHapus
  3. menghalangi ibu menyusui bisa kena pasal lhoo....

    BalasHapus
  4. sharing ajah ya..
    dulu dina ya sempet kuning.trus drawat 3hari.trus meski tuh rs support asi,cuman karna takut asi yang aku supply kurang jadi tetep ditanyain mau sufor apa.
    jadilah tiap hari aku mondar mandir ke rs buat anter asi yang karna masih awal jadi ya cuman 1botol 160cc an gt.trus kalo suster jagany pas lagi yg baik,boleh masuk (tapi tetep ga boleh nyusuin.hiks).kalo kena yg jahat ya g boleh masuk.mana tuh botol susunya dina cuman disenderin ke box nya.coba kalo keselek gmn babyku T_T
    sayangny waktu itu wes ga mikir smp kesitu.sing penting dina cpt turun bilirubinny trus cpt pulang..
    pas IMD juga gt.dokternya wes bilang minimal sejam ya bu.eh tuh suster2 rese.ribut yg babyny kedinginan lah,yang birulah.jadi belom smp dapet puting dan menyusu.hiks..

    BalasHapus
  5. Jahhh,memang ngeselin tu suster..
    Terus sekarang gmn mak? Nayanya udah sehat blm? Cepet sembuh yah cantik..

    BalasHapus
  6. Dulu wkt kiara kuning, aku lgs nyusuin kok mbak, matanya dia diplester, tp dikeluarin dr kotak blue ray buat nyusu..
    Selama 3 hari aku bolak balik anter asi dan kalo pas aku dtg susternya malah bilang, ayo susuin yg banyak bu, yg dibotol buat nanti kalo ibu pulang, dan kiara disendokin susu sama suster (jadi gak pake dot).. Aku lahiran di asih yg sufor itu cuma boleh dikasih kalo ada resep dr dokter alias ud emergency bgt, kalo gak kita sih dipush terus buat kasih asi, di massage, diajarin teknik nyusu, diperah kalo berlebih :)
    Mdh2an kakak iparnya tetep semangat ya :)

    BalasHapus
  7. ampuuun deh tu suster minta digebukin mak2 seempe kayanya..
    rumah sakit mana sih ka? suru tobat deh tu suster2nya, dosa tu menghalangi bayi utk mendapatkan haknya.. ngebayangin si kakak ipar kayanya sedih bgt ya dbilang pd-nya kosong dasar suster2 sok teuuuuuuuuu...... *ikutan gemes bin esmosi*

    BalasHapus
  8. pake pasal 200...
    setiap org yg menghalangi proses menyusui..denda 100jt
    gimana sus? punya uang 100jt? kaya bener lo!!

    BalasHapus
  9. Akhdan dlu juga disinar mak,tp gw slalu dipanggil suster tiap waktu menyusui..

    BalasHapus
  10. Klo dulu mikael pas disinar, boleh disusuin tp emang jam2nya terbatas. Sementara utk hari2 biasa nyetok asip trus dititipin ke susternya. Klo di rs tempat mikael dirawat, disediain juga alat pompa

    BalasHapus
  11. Pengalaman yg sama dgn gw dulu, devan jg bil nya 16, tp gw tetep nyusuin, gak peduli suster nawarin sufor trs blg kl asi di awal2 ga cukup. Sempet di suapin asip pk sendok sama suster yg pro asi, dan gw tetep perah semaksimal mgkn, tyt omongan suster yg blg di awal2 asi gak banyak, salah sama sekali. Perahan awal gw di hari ketiga devan stlh lahir, 150 ml dari 1 pd, smakin sering diperah, smakin banyak, sehari gw suplai 600ml, Alhamdulillah Devan hanya smalem fototerapi, besoknya bil trn jd 10.1, dan pulang kerumah. Jd Ka, semangatin terus maknya Naya, dan ga usah dgrn omongan sumbang kiri kanan, tetep fokus sm Naya dan kesembuhan, insya اللّهِ Naya trn cepet bil nya. Mnrt info dr slh satu dsa, memang menyusui langsung saat anak sdg fototerapi tdk memaksimalkan penyinaran dan membuat bil sulit turun, tp tetep diminumin asip pakai sendok aja...no sufor at all...

    BalasHapus
  12. Dilaporin ke atasannya aja bun. Tuh suster malas kali. Sama kayak suster2 yg gak mau nunggu lama2 Ibu yg br melahirkan mo IMD. Supaya kerjaannya cepet kelar tuh, makanya dibilang takut bayi kedinginan ato biru. Emang lbh bgs bidan ato suster jaman dulu d, lbh sabar dr yg sekarang. Kasi semangat terus ya bun supaya kakak ipar kasi asi terus. Mudah2an si kecil naya cepet sembuh :)

    BalasHapus
  13. hidup asi!!!
    anakku juga sempet bilirubinnya tinggi, 3hari disinar. klo lagi jeda sinar, aku susuin. klo dlm box sinar aku kasi antar asip utk diberikan. malah dsa ku yg ngotot aku hrs beri asi spy bilirubinnya cepet turun. "ga ada obat lain yg baik selain asi bu"
    mmg aku jg bolehin rumkit utk kasi sufor, krn yg penting asupan minumnya si baby, spy pipis n poop nya teratur, jd bilirubin cpt turun.

    BalasHapus
  14. seharusnya masih boleh disusui langsung lho, apalagi bayi yg disinar justru hrs lbh sering disusui agar tdk dehidrasi. Hari ini gimana, bilirubin dah turunkah?

    BalasHapus
  15. Makasih supportnya bunda2 mp yg baiiik.. Hari ini dek naya udah 13 bilirubinnya ibu si bayi juga sudah makin percaya diri.. Suster pengganti yg pagi pro asi yg kemaren membetekan emang :(

    BalasHapus
  16. baru baca.
    eka...dulu nay juga di inkubator..belum cukup umur pas kelahirannya...
    allhamdullilah dpt rs yg pro asi, jd dokter n para suster malah menyarankan sebisa/ sesering mkn disusui...
    jd walau gw sakiiiiiiiiiittt bgt sc, tetep nekad turun tempat tidur buat ke kmr bayi, nyamperin nay buat nenen..allhamdullilah akhirnaya nay bs plg sama2 gw..
    terus semangatin kk ipar lue y ka...*gemes bgt gw ama suternya, pengen nabok!!*

    BalasHapus
  17. @ risa: alhamdulillah udah semangat maak.. Kemaren mompa dapet 70cc trs boleh nyusuin lgs juga.. Udeh gw suruh baca jurnal gw ini biar makin semangat krn baca komen2 emak2 empeh yg baik2 hehehehe.. Kalo tu suster kecil gw pites deh :p wkwkwkwkwk..

    BalasHapus
  18. wah tuh suster kudu ngeliat gue sama anak gue....di mana toket gue kira2 saingan sama telor ceplok tapi anak gue lumayan montok jaya.
    Oh iya, utk bayi di atas 72jam, bilirubin di atas 17 baru perlu fototerapi

    BalasHapus
  19. he eh.. gw dah baca grafiknya. dokternya aja tu terlalu berlebihan...
    Dan untuk telor ceplok kita mah sama din.. tosssss.. makanya gw kesel buanget..

    BalasHapus
  20. temen aku juga anaknya di sinar kudu bulak balik ke RS tetep nete di ibunya dan buat persediaan dia mompa terus dititpin ke susternya,dan sun sayang buat de naya

    BalasHapus
  21. Laporan .. saat ini dede nayya dah boleh pulang berkat baca jurnal ini dan komen2 para emak2 empe si ibu jadi semangat banget untuk terus asi .. terimakasih ya emak2,,,, emang dah empe es de bes....

    BalasHapus
  22. baru liat blog ini, kaga bener tuh, si cuplis kinoy pan di perinatal dari lahir ampe hari ke 6 *pulang paksa* alhamdulillah full ASI krn di hermina dari radhit brojol sama suster dukung ASI semua, sukur biar gw pulang duluan, ayahnya setor ASI sehari 3 kali, emang gw mah ga bisa nyusuin kinoy soalnya masih masker oksigen full dan steril minumnya aja pake selang di suntik T_T
    tabokin aja tuh suster ka kl bilang suruh sufor *emosi jiwa*

    BalasHapus
  23. sabar maaaak... :D udeh abis diomelin tu suster ama mertua gw :P

    BalasHapus
  24. udeh yang ntemprot banyak booo besoknya tu suster baek katanya.. terus boleh nyusuin langsung juga akhirnya

    BalasHapus
  25. apa di rumkitnya belum ada kampanye ASIX?

    BalasHapus
  26. @ydhappy: kurang tau ya.. Mungkin hanya oknum dan penyampaian si suster agak judes jadi si ibu yg tambah down..

    BalasHapus